Wednesday, April 24, 2019

Bappeda Siapkan Rencana Aksi Sukses PON 2020

Kepala Bappeda Kabupaten Mimika Simon Mote



MIMIKA, BM
Hasil pertemuan dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Hotel Grand Mozza beberapa waktu lalu, mengharuskan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika untuk menyiapkan Rencana Aksi Sukses PON 2020 nanti.
Terkait hal tersebut, Bappeda mulai minggu kemarin telah melakukan pertemuan secara internal untuk melakukan penyusunan rencana aksi tersebut, diantaranya menyiapkan dukungan terhadap persiapan venue 9 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Kabupaten Mimika.
Persiapan ini melibatkan beberapa OPD terkait seperti Dinas Informasi dan Komunikasi, Dinas Pekerjaan Umum, Satuan Polisi Pamong Praja dan OPD lainnya.
"Kominfo sebagai pihak yang menyiapkan fasilitas komunikasi dan keperluan dalam melengkapi infrastruktur yang masih kurang, begitupun PU menyiapkan keperluan teknis infrastruktur. Misalnya saat ini pemerintah provinsi sedang membangun venue olahraga futsal, jalan masuknya harus disiapkan oleh PU. Satpol PP misalnya untuk pengamanan atlet. Kitapun juga melibatkan kepolisian dan TNI untuk pengamanan nanti," jelasnya.
Motte mengatakan, pihaknya juga telah mengakomodir anggaran persiapan guna rencana aksi sukses PON nanti. Tahun 2019, proses ini mulai dilakukan hingga 2020 tinggal menyisahkan pelaksanaan saja.
“Misalnya usulan mengenai 3 hal seperti akses jalan masuk, fasilitas untuk cabang basket ukuran 3x3 juga untuk cabang bilyard karena pemerintah daerah akan membangun gedung dan pemerintah provinsi menyiapkan fasilitasnya seperti meja dan stik bilyard. Dalam hal pendanaan pun semuanya dirumuskan dalam Rencana Aksi Sukses PON 2020 baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi untuk kemudian disingkronkan bersama,” jelasnya.
Menurutnya, diperkirakan peserta yang hadir pada PON 2020 nanti berkisar 60 ribu orang sehingga keperluan peserta dan akomodasinya harus dipersiapkan dengan matang baik fasilitas hotel untuk penginapan, transportasi, hingga konsumsi peserta.
“Untuk teknis kita siapkan dengan perencanaan yang matang sehingga apa yang menjadi kebutuhan kegiatan nanti harus terpenuhi. Ini kolaborasi antara pemerintah provinsi dan Mimika sehingga akan melibatkan banyak OPD termasuk pihak keamanan,” ujarnya. (Elf)
Bagikan:

Info Bappeda Mimika

Update Informasi Harian Bappeda Mimika Disini...Terimakasih

Artikel Bappeda