Tuesday, November 24, 2020

Memiliki 28 Potensi Wisata, Pemkab Mimika Mulai Rancang Perda Kepariwisataan


Konsultasi publik rancangan peraturan daerah rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah kabupaten mimika tahun 2020 – 2035 digelar badan perencanaan pembangunan daerah yang menghadirkan opd terkait serta lintas sektor swasta yang diharapkan dapat berkolaborasi dalam pengembangan kepariwisataan di mimika. 

Disebutkan kabupaten mimika memiliki tiga potensi wisata yaitu wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan yang telah teridentifikasi sebanyak 28 potensi dari 18 distrik di kabupaten mimika. Dari 28 potensi yang ada, lima diantaranya menjadi fokus pengembangan kedepan yaitu ekowisata manggrove, wisata pantai kekwa, taman nasional laurenz, pantai kawar, dan puncak cartenz sebagai salahsatu puncak tertinggi di dunia yang berada di daerah tropis. 

Dikatakan firdaus selaku tenaga ahli dalam pengembangan potensi wisata di mimika, sejauh ini penyebab kurang berkembangnya potensi wisata di mimika, di akibatkan adanya kesenjangan antar wilayah kota, pesisir dan pegunungan, belum adanya jalur penghubung antar wilayah yang memadai dan mudah dijangkau, serta faktor keamanan. 

Dalam hal tersebut, segala dukungan lintas sektor dari tokoh masyarakat, swasta, dan pemerintah, terutama dari masyarakat mimika dalam upaya pengembangan potensi wisata yang diharapkan dapat menjadi peningkatan ekonomi masyarakat terutama yang mendiami wilayah wilayah yang telah teridentifikasi memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan pemerintah kabupaten mimika kedepan.
Bagikan:

Info Bappeda Mimika

Update Informasi Harian Bappeda Mimika Disini...Terimakasih

Artikel Bappeda